Harus disadari bahwa
perilaku konsumen dalam melakukan konsumsi di dasari pada pilihannya untuk
mendapatkan kepuasan yanp paling optimum (consumer choise to maksimum utility).
Pilihan konsumen ini tentu saja akan berdampak pada perusahaan sebagai
penyedian barang kebutuhan dan keinginan konsumen tersebut, oleh karenanya
sebaiman halnya konsumen yang selalu ingin memuaskan kebutuhannya dengan cara
yang paling efesien (mendapatkan kebutuhannya dengan harga yang murah dan
mendapatkan dalam jumlah yang banyak), maka produsen juga berusaha memuaskan
kebutuhannya dengan cara menghasilkan barang dengan biaya yang dianggap paling
murah atau setidaknya biaya yang paling efisien.
Yang dimaksud dengan
produksi atau memproduksi adalah suatu usaha atau kegiatan untuk menambah
kegunaan (nilai guna) suatu barang. Kegunaan suatu barang akan bertambah bila
memberikan manfaat baru atau lebih dari bentuk semula. Untuk memproduksi dibutuhkan factor-faktor produksi yaitu alat
atau sarana untuk melakukan proses produksi. Faktor-faktor produksi yang
dimaksud dalam ilmu ekonomi adalah Manusia(tenaga
kerja = TK), Modal (uang atau alat modal seperti mesin = M), SDA (tanah =T) dan
skill (teknologi = T).